10 Ribu Pesepeda Ramaikan Pembukaan Gowes Nusantara 2019 di Padang

Liputan6.com, Padang- Sekitar 10 ribu pesepeda turut meramaikan pembukaan Gowes Nusantara 2019 di Padang, Sumatera Berat, Minggu (31/3/2019).Perhelatan di bawah payung Ayo Olahraga ini bekerjasama dengan BKKBN.

Tanda dimulainya perhelatan yang akan berlangsung di 50 titik Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia itu melalui dikibasnya bendera start oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kеmеnроrа, Rаdеn Isnanta yang mewakili Menpora Imam Nahrawi dі kаwаѕаn Kоmрlеk GOR. H. Aguѕ Salim.

“Bapak Ibu pecinta sepeda, dengan menghitung mundur lima hingga satu, kita lepas dua kegiatan sepeda yakni Jelajah Sepeda Nusantara menuju wilayah Timur Indonesia, kemudian diikuti tim Gowes Nusantara 10.000 masyarakat Padang dan sekitarnya,” ucap Raden Isnanta seperti rilis yang diterima media.

Lebih lanjut Raden Isnanta yang didampingi oleh Wali Kota Pаdаng Mаhуеldі dan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN M Yani, mengatakan disamping bertujuan untuk sehat dan bugar, namun ini juga jadi ajang untuk mengenalkan kekuatan Indonesia disektor sosial, budaya, wisata, kuliner dan lainnya.

Dia juga sempat berpesan agar masyarakat dapat membudayakan sepeda mulai dari pelajar yang berangkat sekolah sampai pekerja yang lebih baik bersepeda menuju tempat bekerja.

“Artinya jika lebih banyak sepeda yang digunakan masyarakat akan dapat menciptakan udara yang segar dan polusi udara akibat kendaraan bermotor bisa dikurangi. Udara segar dan badan pun sehat,” katanya.

Isnanta menyebut Padang memiliki banyak komunitas sepeda. Hal ini terlihat dalam Gowes Nusantara 2019, yang mengenakan seragam komunitas sepedanya. Artinya dengan dipilih Padang sebagai garis start Gowes Nusantara 2019, adalah hal yang tepat.

“Jadi setelah start di Padang, maka untuk puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September,” tegas dia.