3 Pemain Asing Baru yang Memesona di Shopee Liga 1 2019

Jakarta – Kompetisi Shopee Liga 1 2019 semakin menarik dengan kehadiran pemain-pemain asing anyar. Mereka bukan pemain sembarangan karena terbukti bisa diandalkan oleh klubnya.

Sebanyak 71 pemain asing berkarier di Indonesia dan tersebar dalam 18 klub peserta Shopee Liga 1 2019. Para pemain asing tersebut datang dari berbagai negara yang ada di Benua Amerika, Eropa, Afrika, Asia, hingga Australia.

Regulasi yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tahun ini masih sama dari edisi sebelumnya. Klub peserta Liga 1 2019 boleh mendaftarkan maksimal 4 pemain asing yang terdiri dari 3 pemain bebas dan 1 wajib dari Asia.

Dari 18 klub peserta, hanya Madura United yang tak genap memiliki 4 pemain asing. Laskar Sape Kerap hanya mendaftarkan tiga nama tanpa 1 slot pemain Asia.

Nama-nama yang didaftarkan ada yang baru dan juga suda malang melintang di kancah sepak bola Tanah Air. Dari 71 nama, 36 nama di antaranya merupakan pendatang baru.

Meskipun baru datang ke Indonesia pada awal musim ini, namun nyatanya mereka mampu bersaing dan memberikan penampilan terbaik. Lantas, siapa saja sosok-sosok asing anyar yang mampu memberikan penampilan terbaik?

Berikut ini 3 pemain asing baru yang tampil memesona sampai pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Alex Goncalves (Persela Lamongan)

Striker Persela, Alex Goncalves. (Bola.com/Aditya Wany)

Alex Goncalves tampil menyengat bersama Persela Lamongan pada Shopee Liga 1 2019. Meskipun baru bermain di Indonesia, namun pemain asal Brasil itu ternyata mampu memiliki proses adaptasi yang cepat.

Alex Goncalves sejauh ini sukses mencetak 10 gol dalam 10 laga yang sudah dimainkannya bersama Persela. Torehan gol Alex perlahan berhasil mengangkat performa Laskar Joko Tingkir dari zone merah kini menghuni peringkat 13 klasemen dengan jumlah 10 poin.

Di bawah asuhan pelatih Nil Maizar, Alex semakin menggila. Bahkan tujuh dari 10 gol yang dicetaknya itu terjadi dalam tiga laga terakhir Persela.

3 dari 4 halaman

Ciro Alves (Tira Persikabo)

Gelandang Tira Persikabo, Ciro Alves, mengontrol bola saat menghadapi Kalteng Putra pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (26/7). Tira Persikabo menang 5-2 atas Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Keberhasilan Tira Persikabo memuncaki klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 tak terlepas dari peran Ciro Alves. Pemain asal Brasil itu punya peran penting di balik performa apik Laskar Padjadjaran musim ini.

Ciro sejauh ini telah mencetak sembilan gol untuk Tira Persikabo. Ketajamannya di lini depan pasukan Rahmad Darmawan membuat Tira Persikabo kini menjadi lawan yang diperhitungkan di pentas Liga 1.

Selain mencetak gol, Ciro Alves juga bisa diandalkan dalam mengantur serangan dan mencetak assist. Dalam 11 penampilannya, pemain berusia 30 tahun itu telah menyumbang lima assist.

4 dari 4 halaman

Yevhen Bokhashvili (PSS Sleman)

Striker PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili, mengamati rekannya saat melawan Arema FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5). PSS menang 3-1 atas Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

Ketika bergabung dengan PSS Sleman pada awal musim, hampir tak ada yang mengenal Yevhen Bokhashvili. Pemain asal Ukraina itu memang belum pernah bermain di klub Asia Tenggara.

Namun, kenyataannya Yevhen Bokhashvili mampu memberikan penampilan apiknya bersama PSS. Pemain berusia 26 tahun itu membuat lini depan Elang Super Jawa tajam dan saat ini sudah mengemas enam gol.

Dengan Liga 1 2019 yang masih menyisakan banyak laga, bisa dipastikan kucuran gol Yevhen Bokhashvili masih akan mengalir buat PSS.

Sumber: Bola.com