5 Bek Kanan Terbaik Eropa: Dari Walker Hingga Kimmich

Liputan6.com, Jakarta – Posisi bek sayap atau fullback dalam sebuah tim sepak bola tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski kurang mendapatkan sorotan, fullback juga memiliki juga punya peran yang cukup penting dalam skema permainan.

Fullback sekarang mempunyai peran sangat penting dalam sepak bola modern. Fullback sekarang dituntut untuk bisa membantu serangan dan juga solid dalam bertahan.

Fullback yang bagus juga harus bisa mengirim umpan silang yang berkualitas ke kotak penalti. Karenanya, saat ini setiap klub pasti menginginkan fulback yang hebat di dalam skuatnya.

Di Eropa pada musim ini, ada sejumlah bek kanan yang mampu menampilkan performa yang sangat mengesankan. Mereka sangat diandalkan di timnya masing-masing.

Berikut ini lima bek kanan terbaik di Eropa musim ini seperti dilansir Sportskeeda:

ONIC FAMILY SEASON FINALE – THE LAST JOURNEY (KENAPA BUBAR–)

Tutup Video

Noussair Mazraoui – Ajax Amsterdam

 (ajax.nl)

Mazraoui adalah pemain internasional Maroko kelahiran Belanda yang mencuri perhatian di Eredivisie dengan penampilannya bersama Ajax Amsterdam.

Bersama dengan Frenkie De Jong, Mattijs De Ligt dan David Neres, Mazraoui adalah salah satu pemain muda yang paling banyak dicari di dunia. Ia sudah mendapat pujian dari banyak pihak atas penampilannya yang luar biasa.

Pada musim ini, Mazraoui sudah membuat 21 penampilan di Eredivisie untuk Ajax. Dari sekian kesempatan tersebut, pemain berusia 21 tahun itu mampu mencetak satu gol dan dua assist. Selain tampil cemerlang, Mazraoui berhasil membantu Ajax lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya selama satu dekade terakhir.

Kyle Walker – Manchester City

(AFP/Glyn Kirk)

Kyle Walker merupakan salah satu bek kanan paling konsisten di Premier League selama beberapa musim terakhir. Penampilan impresifnya saat bersama Tottenham menarik banyak pujian dan membantunya menjadi pemain reguler di timnas Inggris.

Namun, Tottenham selalu kehilangan pemain terbaiknya karena dicomot oleh klub-klub besar Eropa. Karenanya, tidak mengherankan kalau Walker meneken kontrak dengan Manchester City pada musim panas 2017.

Sejak tiba di Etihad, pemain berusia 28 tahun itu selalu menjadi bek kanan pilihan utama Josep Guardiola. Ia membuat 32 penampilan di liga saat City menjuarai Premier League pada musim debutnya di klub. Pada musim ini, Walker sudah membuat 22 penampilan di liga dan bertekad membawa City mempertahankan gelarnya.

Achraf Hakimi – Borussia Dortmund

(AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Setelah gagal menjadi pilihan utama di Real Madrid, Achraf Hakimi mencari kesempatan bermain di klub lain. Sang pemain akhirnya menuju ke klub Jerman Borussia Dortmund dengan status pinjaman.

Pemain berusia 20 tahun itu sudah berkembang di Signal Iduna. Dia sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain paling penting di Dortmund yang sedang mengincar gelar liga pertama mereka dalam tujuh tahun.

Di bawah bimbingan Lucien Favre, pemain internasional Maroko itu terlihat meningkat permainannya dan membuat 17 penampilan di Bundesliga dengan mencetak dua gol dan membuat empat assist. Dia juga berhasil menggeser Lucasz Piszczek dari starting XI.

Trent Alexander-Arnold – Liverpool

(AFP/Oli Scarff)

Pemain internasional Inggris itu sudah menjadi pemain penting Liverpool setelah bergabung dengan The Reds saat berusia 6 tahun pada tahun 2004. Alexander-Arnold kemudian membuat debut di tim utama pada tahun 2016 saat berusia 18 tahun.

Cedera panjang yang dialami Nathaniel Clyne menjelang musim 2017/2018 menjadi berkah buat Alexander-Arnold. Dia mendapat kesempatan untuk mengisi posisi bek kanan dan Clyne kemudian kehilangan tempatnya di starting XI.

Pada musim ini, Alexander-Arnold merupakan salah satu pemain penting Liverpool yang saat ini sedang berusaha memenangkan gelar Premier League pertama mereka. Bek berusia 20 tahun itu sudah memberikan kontribusi berupa satu gol dan enam assist di Premier League.

Joshua Kimmich – Bayern Munchen

(AP Photo/Kerstin Joensson)

Sejak datang pada Januari 2015 dari RB Leipzig, Joshua Kimmich sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain kunci Bayern Munchen dan tim nasional Jerman.

Setelah tiba di Allianz Arena, tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat pelatihnya terkesan. Sebagai pemain serba bisa, Kimmich bisa bermain di beberapa posisi termasuk gelandang.

Pada musim ini, pemain berusia 24 tahun itu sudah membuat 23 penampilan di Bundesliga dengan mencetak satu gol dan membuat 10 assist. Dia menjadi salah satu pemain penting dibalik kebangkitan Bayern Munchen belakangan ini.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓