5 Catatan Menarik Wonderkid Baru Liverpool, Sepp van den Berg

Jakarta Liverpool berhasil mengamankan tandatangan bek belia asal Belanda, Sepp van den Berg. Rekrutan mengejutkan, mengingat sang pemain tak banyak yang mengenal.

Pemain berusia 17 tahun direkrut dari PEC Zwolle dan tampil 15 kali di Eredivisie musim 2018-2019 dengan durasi kontrak yang panjang.

Disinyalir Liverpool merekrutnya sebesar 1,3 juta poundsterling. Menilik usianya yang bahkan belum genap berusia 20 tahun itu, dapat dilihat bahwa The Reds akan menyiapkannya untuk masa depan, untuk menjadi calon tandem kompatriot seniornya, Virgil van Dijk.

Namanya memang belum kondang di Eropa, tapi jangan remehkan kemampuannya. Ia salah satu wonderkid yang punya potensi besar jadi superstar di masa datang. Liverpool dinilai beruntung bisa mendapatkan Van den Berg.

Kami telah menyiapkan sejumlah informasi soal hal-hal yang perlu diketahui dari Van den Berg. Melihat ke berbagai sumber sebagai referensi, berikut penjabarannya:

2 dari 6 halaman

Darah Atlet

Menilik rambut merah kepirangan ala Ed Sheeran itu, jangan heran jika mantan rekan setimnya pernah menyamakannya dengan penyanyi tenar asal Inggris tersebut. Tentu saja Van den Berg tidak menjadi penyanyi seperti Ed Sheeran.

 Darah atlet di dalam keluarga Van den Berg mengalir kencang. Ayahnya, John Morris, merupakan atlet tenis dan ibunya, Niels van Duinen, atlet voli yang bermain untuk Timnas Belanda. Dua adiknya juga atlet. Sepp atlet hoki dan satunya lagi, Rav van den Berg, menjadi pesepakbola.

3 dari 6 halaman

Awalnya Bukan Bek Tengah

Jika melihat permainannya, Van den Berg cukup piawai membangun serangan dari lini belakang dengan kecepatannya berakselerasi. Gaya mainnya itu bisa jadi bawaan dari posisi bermain sebelumnya: pemain sayap.

Van den Berg kemudian dilihat punya kemampuan bertahan yang baik. Awalnya, dia ditempatkan sebagai bek kanan sebelum akhirnya dikonversi jadi bek tengah.

4 dari 6 halaman

Meretas Karier di Zwolle

Bek remaja Belanda, Sepp van den Berg resmi bergabung dengan Liverpool. (Foto: Liverpool FC)

Lahir di Zwolle, 20 Desember 2001, Van den Berg bergabung dengan klub amatir setempat, CSV ’28, saat masih berusia tujuh tahun pada 2008. Penampilannya itu menarik atensi Zwolle yang kemudian merekrutnya pada 2012.

Terus berkembang dengan Zwolle, Van den Berg memulai debut di tim utama pada Maret 2018 kala melawan Groningen. Sejak saat itu, Van den Berg tampil 21 kali untuk Zwolle dan bermain enam kali dengan Timnas Belanda U-19.

5 dari 6 halaman

Ditempa Bek Legendaris Belanda

Mantan pemain Manchester United yang kini melatih Reading, Jaap Stam. (AFP/Justin Tallis)

Van den Berg dilatih langsung oleh legenda Manchester United yang dahulu juga berposisi sebagai bek tengah, Jaap Stam, di Zwolle. Pengalaman berlatih di bawah arahannya bisa jadi bekal bagus baginya di Inggris.

Selain itu, Van den Berg juga memecahkan rekor Clarence Seedorf, ikon sepak bola Belanda, pada usia 16 tahun dan 256 hari ketika menjadi pemain termuda dengan jumlah minimal 10 laga di liga.

6 dari 6 halaman

Kuat Duel Udara

Bertinggi badan 1,89 meter – ukuran jangkung, Van den Berg bisa diandalkan dalam situasi duel bola udara dan terlihat sebagai sosok yang dominan di lini belakang.

Kendati demikian, Van den Berg juga memiliki kelincahan dalam mendribel bola dari lini belakang. Dia punya tipikal bermain bek tengah modern.

Sumber: 90min