5 Kandidat Kapten Anyar Arsenal

London РArsenal akan kehilangan Laurent Koscielny. Situasi ini membuat Manajer Arsenal Unai Emery wajib mencari kapten baru yang bisa diandalkan di dalam lapangan.

Koscielny menimbulkan polemik setelah menolak untuk ikut kegiatan pramusim Arsenal. Pemain berusia 33 tahun itu sudah membulatkan tekad untuk hengkang dari Emirates Stadaium.

Kabarnya, Koscielny ingin kembali ke Prancis. Saat ini, ada dua klub yang berminat untuk mengamankan jasa Koscielny, yaitu Rennes dan Bordeaux.

Koscielny dikabarkan kecewa dengan manajemen Arsenal yang tak menunjukkan komitmen untuk memperbaiki prestasi klub. Alasan tersebut membuat Koscielny ingin agar Arsenal membebaskan kontraknya bersama klub itu.

Situasi tersebut membuat Unai Emery harus menunjuk kapten baru pada musim mendatang. Emery mengaku sudah memiliki tiga nama pemain yang berpeluang menjadi kapten baru Arsenal.

Namun, Emery akan mencari dua nama lagi untuk dijadikan pilihan keempat dan kelima.

Berikut ini adalah lima pemain yang menjadi kandidat kapten baru Arsenal:

2 dari 6 halaman

Mesut Ozil

Pemain Arsenal, Mesut Ozil. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Mesut Ozil bergabung dengan Arsenal pada September 2013. Hal itu membuat Ozil menjadi satu di antara pemain yang paling lama membela Arsenal jika Laurent Koscielny hengkang.

Ozil sudah beberapa kali menggunakan ban kapten pada pramusim 2019. Hal itu mengindikasikan kalau ia akan dipertahankan oleh Emery pada musim mendatang.

Sebagai pemain dengan gaji paling tinggi di klub, Ozil memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengangkat performa tim. Setelah hubungan yang kurang harmonis dengan Emery pada musim kemarin, Ozil berpeluang melakukan rekonsiliasi yang apik jika mendapat kehormatan untuk menjadi kapten Arsenal.

Selain itu, ban kapten bisa membuat Ozil memiliki tanggung jawa untuk tampil lebih konsisten.

3 dari 6 halaman

Granit Xhaka

Pemain Arsenal, Granit Xhaka. (AFP/Ian Kington)

Granit Xhaka bergabung ke Arsenal pada Juli 2016. Ia bermain sebagai gelandang bertahan di klub tersebut.

Arsenal pernah identik dengan kapten yang berposisi sebagai gelandang bertahan ketika Patrick Vieira dan Cesc Fabregas menjadi kapten. Hal itu merupakan satu di antara faktor pendukung Xhaka untuk menjadi kapten anyar The Gunners.

Xhaka memiliki determinasi yang tinggi di skuat Arsenal. Ia tak segan untuk melindungi rekan-rekannya jika terjadi konflik dalam pertandingan. Hal itu membuktikan kalau Xhaka memiliki jiwa kepemimpinan.

4 dari 6 halaman

Nacho Monreal

Pemain Arsenal, Nacho Monreal. (dok. Arsenal FC)

Nacho Monreal bergabung ke Arsenal pada Januari 2013. Hal itu membuatnya menjadi pemain paling senior yang masih bermain secara reguler di skuat utama Arsenal.

Sebenarnya ada dua pemain lain yang lebih senior di klub tersebut, yaitu Emiliano Martinez dan Carl Jenkinson. Namun, Martinez adalah kiper cadangan dan Jenkinson sedang diupayakan untuk dijual.

Monreal merupkan satu di antara andalan Emery di lini pertahanan. Ia merupakan pemain yang paling adaptif, karena siap ditempatkan di posisi mana pun.

Selain itu, Monreal akan menjadi pemain dengan usia tertua di skuat Arsenal jika Koscielny hengkang.

5 dari 6 halaman

Bernd Leno

Pemain Arsenal, Bernd Leno. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Bernd LenoBernd Leno baru bergabung ke Arsenal pada Juli 2018. Ia baru satu musim berada di klub tersebut.

Namun, memberikan ban kapten kepada kiper sering kali menjadi opsi para manajer. Hal itu karena kiper memiliki visi yang paling luas di antara rekan-rekannya yang lain.

Jadi, Leno bisa memberikan arahan yang pas ketika berada dalam satu pertandingan.

6 dari 6 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pemain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (AFP/Adrian Dennis)

Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018. Ia merupakan pemain andalan klub di lini depan.

Walaupun belum lama bergabung dengan Arsenal, Aubameyang sudah mencuri perhatian dari suporter. Ia merupakan mesin gol utama The Gunners pada musim 2018-19.

Pada beberapa laga pramusim, Aubameyang juga sudah mengenakan ban kapten Arsenal. Selain itu, Aubameyang juga menggunakan nomor punggung 14 yang merupakan nomor punggun ikonik di klub tersebut.

Nomor itu pernah dipakai oleh Thierry Henry yang merupakan pemain legendaris dan juga mantan kapten Arsenal.

Sumber: Bola.com