5 Murid Ferguson yang Masih Bertahan di MU

Jakarta Manchester United (MU) masih setia dengan orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Sir Alex Ferguson di eranya. Tercatat masih ada lima mantan pemain yang bertahan di MU setelah Michael Carrick pensiun pada 30 Juni 2018.

Di MU, Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 13 gelar juara liga. Pada 1999, dia menjadi pelatih pertama yang membawa tim Inggris meraih treble dari Liga Utama, Piala FA and Liga Champions UEFA. Juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak 5 kali.

Sir Alex juga menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut bersama tim yang sama (1998-1999, 1999-2000 and 2000-2001).

Pada 2008, dia bergabung bersama Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih dari satu kali.

Sir Alex resmi menyatakan pensiun sebagai pelatih MU pada 9 Mei 2013. Hingga saat ini jejak karyanya masih ada, paling tidak di lima pemain yang pernah jadi anak didiknya. Siapa saja mereka

2 dari 6 halaman

David De Gea

Ekspresi David de Gea usai pastikan kemenangan pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Minggu (13/1). Man United menang atas Tottenham Hotspur 1-0. (AFP/Ian Kington)

Penjaga gawang asal Spanyol, David de Gea diboyong mantan Manajer Manchester United,  Sir Alex Ferguson pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid. Sang pemain didatangkan untuk menggantikan pendahulunya, Edwin van der Sar yang pensiun pada 28 Mei 2011.

Musim pertama De Gea berjalan kurang mulus karena ia masih perlu beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Bahkan, ia sempat berpikir untuk hengkang dari Old Trafford setelah musim pertamanya.

Penampilan De Gea meningkat pada musim 2013-2014 dan ia menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang hingga saat ini.  Real Madrid  sempat nyaris mendapatkan tanda tangan san pemain pada awal musim 2015-2016, namun sang pemain tetap bertahan karena dokumen yang harus diterima telah melewati batas waktu bursa transfer.

3 dari 6 halaman

Phil Jones

Bek Manchester United, Phil Jones melewati pemain Valencia, Rodrigo Moreno pada laga terakhir grup H Liga Champions yang berlangsung di stadion Mestalla, Valencia, Rabu (13/12). Manchester United kalah 1-2 atas Valencia. (AFP/Jose Jordan)

Manchester United  mendatangkan bek asal Inggris, Phil Jones dari Blackburn Rovers pada musim panas 2011 dengan banderol 16,5 juta pound. Ia langsung dipercaya sebagai starter di musim perdananya, dengan melakoni 41 penampilan di seluruh kompetisi.

Sayangnya, Jones kerap kali menderita cedera panjang hingga ia jarang diturunkan reguler sepanjang musim hingga saat ini. Ia baru turun tiga laga sejauh ini di awal musim 2018-2019, menjadi pemain cadangan bagi Chris Smalling, Eric Bailly, dan Victor Lindelof.

4 dari 6 halaman

Chris Smalling

Bek Manchester United asal Inggris, Chris Smalling. (AFP/Ben Stansall)

Sir Alex Ferguson mendatangkan Chris Smalling dari Fulham pada musim panas 2010 untuk mempersiapkan regenerasi duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang tidak muda lagi pada saat itu.

Sang pemain tampil inkosisten selama sembilan musim bersama Manchester United,  ia dianggap gagal menggantikan peran yang ditinggalkan mantan duet bek tengah tersebut.

5 dari 6 halaman

Ashley Young

Gelandang Manchester United, Ashley Young, melakukan selebrasi setelah membobol gawang Watford, pada laga lanjutan Premier League, Rabu (29/11/2017) dini hari WIB. (AP/Andrew Matthews).

Ashley Young resmi menjadi pemain Manchester United  pada musim panas 2011 dengan nilai transfer sebesar 15-20 juta pound. Pria kelahiran asal Inggris itu merupakan pemain yang bisa bermain di berbagai posisi, baik sebagai bek sayap maupun winger.

Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Young sering dimainkan sebagai winger kiri. Sedangkan saat ini sang pemain lebih sering diturunkan sebagai bek sayap dan dipercaya menjadi kapten tim dalam beberapa laga terakhir.

6 dari 6 halaman

Antonio Valencia

Bek Manchester United (MU) Antonio Valencia. (AFP/Oli Scarf)

Pemain asal Ekuador, Antonio Valencia ditunjuk menjadi kapten Manchester United setelah Michael Carrick pensiun pada 2017-2018. Sang pemain layak menjadi pemimpin skuat utama asuhan Jose Mourinho, mengingat 2018/19 merupakan musim yang kesepuluh baginya.

Pria berusia 33 tahun itu pun didatangkan Sir Alex Ferguson dari Wigan Athletic untuk menggantikan posisi sayap kanan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid  pada musim panas 2009.

Sumber: FTB90