Ajax Dinilai Layak Jumpa Barcelona di Final Liga Champions

Jakarta – Ajax Amsterdam berhasil lolos ke semifinal Liga Champions 2018-2019. Ajax mendepak salah satu unggulan Juventus setelah menang agregat 3-2, Rabu (17/4/2019) dini hari.

Pada laga melawan Juventus, Ajax dalam posisi yang tidak diuntungkan. Mereka hanya bermain imbang 1-1 pada leg pertama di kandang. Namun, Ajax rupanya mampu menang 2-1 pada leg kedua yang digelar di Allianz Stadium. 

Pada menit ke-28, Ajax tertinggal lewat gol Cristiano Ronaldo. Namun, mereka bisa menyamakan skor pada menit 34 dari gol Donny van de Beek. Matthis de Ligt akhirnya memastikan kemenangan Ajax lewat gol pada menit ke-67.

Legenda timnas Belanda, Rafael van der Vaart, menilai Ajax memang bermain lebih baik dibanding Juventus, terutama pada babak kedua. Selain itu, pasukan Erik ten Hag juga telah memperagakan sepak bola cerdas.

“Ajax jauh lebih baik dibanding Juventus pada babak kedua. Kami berbicara tentang pergi ke gym dan menjadi lebih kuat dan cepat. Tapi, mereka semua bermain dengan bola. Pada akhirnya, sepak bola cerdas yang menang,” ucapnya kepada BBC Sports.

Di balik performa apik mantan klubnya itu, ia menilai ada satu pemain yang tampil sangat bagus dan layak mendapat pujian lebih. “Frenkie de Jong adalah pemain favorit saya malam ini, meskipun dia tidak memainkan permainan terbaiknya,” puji Rafael van der Vaart.

“Ajax bermain seperti sebuah tim dan ketika Anda bermain tandang di Italia dan penjaga gawang Anda tidak melakukan banyak penyelamatan, maka itu adalah fantastis,” tandas mantan pemain Real Madrid tersebut.

Berita video highlights leg II perempat final Liga Champions 2018-2019 antara Juventus melawan Ajax yang berakhir dengan skor 1-2 di Allianz Stadium, Torino, Selasa (16/4/2019).