Buntut Ronaldo Absen, Tuntutan Fans Mencapai 50 Juta Euro?

Liputan6.com, Jakarta Fans Korea Selatan telah resmi mengajukan gugatan terkait absennya Cristiano Ronaldo pada laga persahabatan Juventus melawan K League All Stars, pekan lalu. Mereka kecewa karena telah membeli tiket mahal-mahal untuk melihat penampilan pemain Portugal itu. 

Dilansir Football-Italia.net, sebanyak 60 ribu penonton memenuhi World Cup Stadium untuk menyaksikan laga persahabatan itu. Namun mereka kecewa karena sepanjang pertandingan, Juventus tidak juga menurunkan sang bintang, Cristiano Ronaldo. Belakangan Juventus mengklaim kalau mantan pemain Real Madrid tersebut tidak bisa tampil karena cedera. 

Kim Min-ki, pengacara yang ditunjuk fans menangani kasus ini meminta pihak promotor, The Fasta bertanggung jawab atas kejadian ini. Menurut Kim Min-ki, pihak promotor juga harus membayar ganti rugi yang mencapai angka 50 juta euro atau setara Rp781 Miliar. 

“Banyak yang membeli tiket untuk melihat Ronaldo bertanding,” kata Kim kepada reporter. 

“TheFasta mengumumkan, mereka punya perjanjian dengan Juventus untuk memainkan Ronaldo selama 45 menit dan mengadakan acara bagi-bagi tanda tangan,” bebernya. 

Menurut Kim, biasanya kasus seperti ini hanya diselesaikan lewat refund atau pengembalian sesuai harga tiket saja. Namun menurutnya, kasus ini berbeda karena ada unsur penipuan. 

“Saya meletakkannya dalam kasus khusus sejak perusahaan meluncurkan iklan palsu yang mengambil keuntungan dari idola para fans,” kata Kim.

“Untuk saat ini, kami ada dua pihak yang menggugat perusahaan, tapi hari ini saya sudah terima banyak telepon dan menurut saya, bakal ada lebih dari 60 ribu lagi,” bebernya. 

2 dari 2 halaman

Bukan Sekedar Refund

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo berpose setelah meraih penghargaan media olahraga top Spanyol, Marca di Reina Victoria Theater, Madrid (29/7/2019). Penghargaan yang diterima Ronaldo merupakan kesuksesan dalam karier profesional yang sudah dicapainya di seluruh dunia. (AP Photo/Paul White)

Dalam gugatannya, Kim menuntut panitia sebesar 52.40 euro untuk tiket, 0,76 euro untuk komisi, dan ganti rugi sebesar 760 euro untuk kerugian imateril masing-masing penonton. 

“Adapun bagian dari penderitaan mental, saya ingin menyampaikan kalau beberapa dari mereka adalah penggemar berat, penggemar yang militan,” kata Kim menambahkan. 

“Jadi bagi mereka itu sangat menyakitkan karena mereka mencintai Ronaldo dan ingin melindunginya, tetapi situasi membuat mereka tidak bisa melakukan itu,” beber Kim. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini: