Deretan Fakta Menarik Usai Raptors Juara NBA 2018-2019

Liputan6.com, Jakarta Toronto Raptors akhirnya menjadi juara NBA 2018-2019. Raptors memastikan gelar juara setelah menang 114-110 atas Golden State Warriors di gim keenam NBA Finals 2019 yang berlangsung di ORACLE Arena, Jumat (14/6/2019) pagi WIB.

Secara keseluruhan Raptors unggul 4-2 atas Warriors di laga-laga yang disiarkan di Indosiar ini. Pasukan Nick Nurse itu selalu menang di tiga laga tandang pada NBA Finals 2019.

Keberhasilan Raptors menorehkan sejarah baru. Mereka untuk pertama kalinya menjadi juara NBA. Untuk pertama kali pula ada tim Kanada atau di luar Amerika Serikat yang menjuarai NBA.

Small forward Kawhi Leonard menjadi bintang keberhasilan Raptors. Eks pemain San Antonio Spurs itu dinobatkan sebagai MVP NBA Finals 2019.

Selain gelar pertama untuk Raptors dan tim dari Kanada, masih banyak fakta menarik lain setelah selesainya NBA Finals 2019. Simak di halaman selanjutnya :

2 dari 3 halaman

Raih MVP NBA Finals

– Leonard menjadi pemain ketiga yang meraih MVP NBA Finals dengan dua tim berbeda (sebelumnya bersama Spurs) . Dia menyamai pencapaian LeBron James dan Kareem Abdul Jabbar.

 – Leonard dua kali menghancurkan mimpi tim lawan meraih three peat (tiga kali juara beruntun). Sebelum Warriors, Kawhi bersama Spurs menghentikan dominasi Miami Heat di tahun 2014.

 – Jeremy Lin menjadi pemain keturunan Asia-Amerika pertama yang merasakan menjadi juara NBA. Lin merupakan point guard ketiga Raptors setelah Kyle Lowry dan Fred Vanvleet.

 – Marc Gasol menyusul jejak kakaknya Pau yang sudah lebih dulu merasakan gelar juara NBA bersama Lakers.

3 dari 3 halaman

Pelatih Pertama

– Nick Nurse menjadi pelatih pertama yang bisa membawa tim juara NBA dan G League.

 – Patrick McCaw meraih three peat. Dua musim sebelumnya McCaw juara bersama Warriors

 – McCaw menjadi pemain pertama yang merebut three peat sejak Kobe Bryant dan Shaquille O’Neal di tahun 2002.

– Dua tahun lalu Vanvleet dan Pascal Siakam masih bermain di G League dan membantu Raptors 905 (tim yang berafiliasi dengan Raptors) jadi juara.