Eden Hazard dan Performa 5 Rekrutan Baru di Laga Debut Pramusim

Madrid – Real Madrid mendatangkan Eden Hazard di bursa transfer musim panas ini. Ia diboyong dari Chelsea dengan mahar 90 juta pound atau sekitar Rp 1,5 triliun. 

Eden Hazard resmi diumumkan sebagai pemain Real Madrid pada 7 Juni 2019. Gelandang Timnas Belgia itu sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim, atau sampai 30 Juni 2024.

“Saya sudah memimpikan hal ini sejak masih kecil, saya selalu mendukung Real Madrid,” ujar Eden Hazard ketika diperkenalkan di hadapan pendukung Los Blancos di Santiago Bernabeu pada 13 Juni lalu.

“Kemudian saya bermain ke Prancis dan Inggris, dan sekarang mengenakan jersey ini adalah sebuah kehormatan sejati,” tuturnya.

Setelah mengikuti pemusatan latihan Real Madrid di Kanada, Hazard menjalani laga debutnya pada pramusim, yakni ketika bersua Bayern Munchen di ajang International Champions Cup 2019 di NRG Stadium, Houston, 21 Juli 2019.

Mengenakan nomor punggung 50, Hazard menempati posisi winger kiri El Real. Nomor tersebut merupakan bentuk penghormatan 50 tahun misi pendaratan Apollo 11 ke Bulan.

Meski tidak terlalu memuaskan, penampilan Hazard cukup mengesankan. Bermain pada paruh pertama, pergerakan dan umpan yang dilepaskan Hazard mampu merepotkan barisan belakang Bayern Munchen.

Akan tetapi, dia gagal membawa Real Madrid meraih hasil positif pada laga pertama pramusim 2019. Los Blancos menyerah 1-3 dari The Bavarians.

Selain Eden Hazard, beberapa rekrutan anyar klub-klub Eropa juga telah menjalani laga debut. Beberapa di antaranya memperlihatkan performa apik, dan ada juga yang justru tampil kurang meyakinkan.

Berikut ini adalah performa lima pemain anyar pada laga debut pramusim:

2 dari 6 halaman

Rodri (Manchester City)

Rodri Hernandez mendapat arahan dari manajer Manchester City, Pep Guardiola. (AFP/Hector Retamal)

Rodri Hernandez resmi berseragam Manchester City pada 3 Juli 2019. Pemain asal Spanyol tersebut ditebus City dari Atletico Madrid dengan nilai transfer yang mencapai 63 juta poundsterling (Rp1 triliun).

Dia melakoni debut pramusim bersama The Citizens ketika menghadapi West Ham United dalam ajang Premier League Asia Trophy. Dalam laga yang dihelat di Nanjing Olympic Sports Center, Nanjing, 17 Juli lalu, Rodri menempati posisi deep-lying playmaker.

Tampil selama 69 menit, Rodri mampu menjadi penyeimbang di lini tengah Man City. Pemain 22 tahun itu berhasil membantu City merengkuh kemenangan 4-1 atas West Ham.

Dengan penampilannya tersebut, Rodri Hernandez bakal menjadi suksesor yang ideal untuk Fernandinho. Saat ini, Fernandinho telah berusia 34 tahun dan kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2020.

3 dari 6 halaman

Matthijs de Ligt (Juventus)

Matthijs de Ligt resmi gabung Juventus dengan mengenakan nomor punggung 4. (Bola.com/Dok. Juventus)

Tampil impresif bersama Ajax Amsterdam membuat Juventus tertarik mendapatkan bek Timnas Belanda tersebut. Setelah mengucurkan dana hingga 76,9 juta poundsterling (Rp1,3 triliun), Juve akhirnya berhasil menebus Matthijs de Ligt dari Ajax.

Setelah diumumkan ke publik pada 18 Juli 2019, De Ligt ikut dalam tur pramusim Juventus ke Singapura. Dia melakoni laga perdana bersama Juve ketika menghadapi Tottenham Hotspur, dalam ajang International Champions Cup 2019, di National Stadium, 21 Juli lalu.

Masuk ke lapangan pada menit ke-63, Matthijs de Ligt terlihat kesulitan beradaptasi dengan permainan I Bianconeri. Bahkan, dia tak mampu membaca arah umpan Tanguy Ndombele kepada Lucas Moura, yang berhasil membobol gawang Juventus pada menit ke-65.

4 dari 6 halaman

Luka Jovic (Real Madrid)

Pemain baru Real Madrid, Luka Jovic berpose di lapangan Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol (12/6/2019). Pemain asal Serbia Luka Jovic dikontrak Real Madrid selama enam tahun. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain 21 tahun tersebut digaet Real Madrid dari Eintracht Frankfurt pada 4 Juni 2019. Manajemen Madrid harus mengucurkan dana 54 juta poundsterling (Rp922 miliar) demi mendapatkan Jovic.

Kehadiran Luka Jovic diharapkan mampu mendongkrak daya gedor Los Blancos. Pasalnya, dia berhasil mencetak 36 gol dan sembilan assist dari 75 penampilan bersama Frankfurt.

Namun, Jovic melakoni debutnya bersama Madrid pada pramusim dengan kurang memuaskan. Masuk menggantikan Karim Benzema pada menit ke-46 dalam laga melawan Bayern Munchen di di NRG Stadium, Houston, 21 Juli lalu, Luka Jovic gagal melepaskan satu pun tembakan.

Selain itu, dia juga hanya mencatatkan 13 sentuhan sepanjang paruh kedua. Alhasil, Real Madrid menyerah 1-3 dari Die Bayern.

5 dari 6 halaman

Antoine Griezmann (Barcelona)

Antoine Griezmann (Barcelona/Prancis). (AFP/Charly Triballeau)

Saga transfer pemain Timnas Prancis itu ke Barcelona meramaikan musim panas tahun ini. Setelah mengalami tarik ulur, El Barca akhirnya berhasil menebus Griezmann dari Atletico Madrid dengan banderol 108 juta poundsterling (Rp1,8 triliun) pada 12 Juli lalu.

Antoine Griezmann tampil pertama kali bersama Los Cules pada pramusim saat menghadapi Chelsea, di Saitama Stadium 2002 pada 23 Juli 2019.

Bermain sebagai penyerang tengah dalam formas 4-3-3, Griezmann tampil dengan nyaman. Dia mampu bekerja dengan baik bersama rekan satu negaranya, Ousmane Dembele, yang menghuni pos winger kanan.

Akan tetapi, Griezmann yang tampil sepanjang babak pertama, gagal menyumbangkan gol. Barcelona akhirnya takluk 1-2 dari The Blues.

6 dari 6 halaman

Joao Felix (Atletico Madrid)

Gelandang Atletico Madrid, Joao Felix, menggiring bola dari kejaran bek Real Madrid, Marcelo selama laga International Champions Cup 2019 di Arena Stadium Metlife, New Jersey (27/7/2019). (AFP Photo/Johannes Eisele)

Pemain 19 tahun tersebut merupakan satu nama yang banyak diincar klub-klub besar Eropa pada musim panas tahun ini. Pasalnya, Felix tampil impresif bersama Benfica.

Hingga akhirnya, Atletico Madrid yang memenangi perburuan Joao Felix. Manajemen Atletico mengucurkan mahar hingga 113 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) untuk meminang Felix pada 3 Juli 2019.

Joao Felix menjalani laga debut bersama Los Rojiblancos pada pramusim ketika menghadapi Numancia, di Estadio Municipal de El Burgo de Osma, Soria, 21 Juli lalu.

Akan tetapi, Felix tak berkontribusi banyak untuk Atletico Madrid. Dia harus ditarik keluar pada menit ke-26 karena mengalami cedera ringan pada kakinya.

Sumber: Squawka, Transfermarkt