F1 2019: Valtteri Bottas Finis Terdepan di GP Australia

Liputan6.com, Melbourne – Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, memenangi balapan pembuka Formula 1 (F1) 2019  GP Australia di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Australia, pada Minggu (17/3/2019).

Bottas memanfaatkan strategi pit stop belakangan untuk mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang finis sebagai runner-up dengan selisih waktu 20,886 detik.

Start dari P2, pembalap asal Finlandia ini melesat untuk memimpin balapan menyalip Hamilton, yang start dari pole position F1 GP Australia.

Hamilton, yang berganti ban kompon medium dari soft tujuh lap lebih awal dari Bottas, harus berjuang melawan tekanan dari pebalap Red Bull Max Verstappen yang finis di podium ketiga.

Verstappen, yang mengawali debut Red Bull bersama mesin Honda, harus kehilangan waktu berharga ketika melebar ke rumput di sisi trek di akhir balapan di saat berusaha mengejar Hamilton.

Pebalap asal Belanda itu finis di tempat ketiga dengan selisih sekitar dua detik dari Hamilton. Podium tersebut menjadi yang pertama bagi Honda sejak terakhir kali meraih podium di F1 GP Inggris 2008 lewat Rubens Barichello.

Sementara Bottas, yang terakhir kali menjuarai balapan F1 di Abu Dhabi pada 2017 itu, meraih tambahan satu poin sebagai pebalap dengan waktu putaran tercepat di balapan: 1 menit 25,580 detik, sebagai dampak aturan baru yang diterapkan F1 tahun ini.

“Aku tidak tahu apa yang baru saja terjadi. Startnya sangat bagus, dan ini tentunya balapan terbaik sepanjang karirku,” kata Bottas seperti dikutip Reuters.

“Terasa sangat bagus dan semuanya di bawah kendali. Mobil sangat bagus hari ini jadi sangat bisa dinikmati, aku harus menikmati hari ini… Aku sangat senang dan tidak sabar lagi untuk balapan selanjutnya.”