Fakta Kekalahan Juventus vs Atalanta, Bianconeri Gagal Pertahankan Gelar

Liputan6.com, Jakarta Juventus menelan kekalahan 0-3 dari Atalanta pada perempat final Coppa Italia 2018-2019, di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo, Rabu (30/1/2019) waktu setempat.

Ambisi Juventus mempertahankan gelar Coppa Italia untuk kali kelima secara beruntun musnah. I Bianconeri pun harus tersingkir dari ajang yang telah dimenanginya dalam empat tahun terakhir itu.

Tuan rumah, La Dea tampil sangat impresif dan berhasil unggul di babak pertama berkat gol yang diciptakan oleh Duvan Zapata dan Timothy Castagne.

Kemudian di babak kedua Atalanta kembali menambah keunggulannya melalui Duvan Zapata akibat kesalahan yang dilakukan oleh Daniele Rugani bek pertahanan Juventus.

2 dari 4 halaman

1. Kekalahan Pertama dan Memutus dominasi Juventus di Coppa Italia

Striker Juventus, Federico Bernardeschi, berusaha melewati bek Atalanta, Rafel Toloi, pada perempat final Copa Italia di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo, Rabu (30/1). Atalanta menang 3-0 atas Juventus. (AP/Paolo Magni)

Sebelum melawan Atalanta, Juventus mencatatkan torehan apik dengan raihan tanpa kekalahan di semua ajang domestik.

Allegri meyakinkan publik bahwa meskipun materi timnya apik, Bianconeri tidak bisa memenangkan semua laga yang dilaluinya.

Hingga pekan ke-17, Juventus menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Serie A. Pasukan Massimiliano Allegri meraih 16 kemenangan dan satu laga berakhir imbang.

Kekalahan 0-3 itu membuat Juventus dipastikan tersingkir dari ajang Coppa Italia, dan membuat dominasinya juga terhenti.

Seperti yang diketahui, dalam empat musim terakhir, Bianconeri selalu keluar sebagai juara di kompetisi tersebut.

Walau harus tersingkir, Allegri menilai banyak pelajaran berharga dari hasil ini. Di mana, Juventus tidak akan selalu di atas, pasti akan merasakan jatuh juga.

3 dari 4 halaman

2. Kemenangan pertama Atalanta kontra Juventus

Para pemain Atalanta merayakan gol yang dicetak Duvan Zapata ke gawang Juventus pada perempat final Copa Italia di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo, Rabu (30/1). Atalanta menang 3-0 atas Juventus. (AP/Paolo Magni)

Dalam catatan pertandingan Atlanta kontra Juventus sudah bertarung sebanyak 127 kali. Atlanta hanya bisa meraih kemenangan sebanyak 14 kai, bermain imbang sebanyak 44 kali dan Juventus memenangkan sebanyak 69 kali.

Berkaca dari lima pertemuan terakhir, La Dea tidak pernah memperoleh kemenangan sekali pun melawan Juventus. Pertemuan terakhir, Atlanta mampu menahan imbang Juventus di ajang Seri A dengan skor imbang (2-2).

Atalanta yang sudah unggul 2-1 melawan Bianconeri yang bermain dengan 10 orang pemain selamat berkat berkat gol yang dicetak Cristiano Ronaldo.

4 dari 4 halaman

3. Untuk pertama kali gagal cetak gol dalam pertandingan

Striker Juventus Cristiano Ronaldo kesakitan saat melawan Atalanta pada perempat final Coppa Italia, di Stadion Atleti Azzuri d’Italia, Bergamo, Rabu (30/1/2019). (AFP/Miguel Medina)

Kekalahan atas Atalanta ini juga membuat catatan tanpa kebobolan Juventus di ajang Coppa Italia harus terhenti.

Data menunjukkan bahwa mereka terakhir kali dibobol oleh lawannya pada bulan April 2017 lalu, saat tumbang di tangan Napoli 2-3 pada babak semifinal.

Namun, kekalahan Juventus vs Atalanta ini juga menjadi rekor bagi Juventus karena untuk pertama kalinya dalam musim 2018/19 Juventus gagal menciptakan gol. Selain itu, gawang Juventus juga baru kali ini kebobolan lebih dari satu gol.