Jonatan Christie Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019

Liputan6.com, Basel – Jonatan Christie lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Hal tersebut dipastikan setelah tunggal putra Indonesia ini menyingkirkan Jan O Jorgensen dari Denmark di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Kamis (22/8/2019) malam WIB.

Jonatan menang dua game langsung atas Jorgensen pada babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu menang 21-12 dan 21-16 dalam waktu 43 menit.

Menghadapi Jorgensen, Jonatan mengawali laga dengan baik untuk memimpin 7-1. Namun, secara perlahan Jorgesen bisa memperkecil skor hingga menjadi 10-11.

Jonatan tidak membiarkan pemainan Jorgensen berkembang. Dia kembali menjauh 14-10 sebelum akhirnya memenangkan game ini.

Memasuki game kedua, pertandingan berlangsung lebih sengit hingga skor 7-6 buat keunggulan Jorgensen. Tapi setelah itu, Jonatan tertinggal lima poin menjadi 6-11.

Usai interval, Jonatan bangkit dengan merebut delapan poin beruntun untuk berbalik unggul 14-11.Namun, Jorgensen bisa menyamakan skor 15-15.

Jonatan tak ingin kecolongan. Ia pun mengajak Jorgensen bermain reli hingga sang lawan kerap membuat kesalahan sendiri. Pemain yang akrab disapa Jojo itu akhirnya menuntaskan perlawanan Jorgensen.

Di perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019, Jonatan akan menghadapi pebulu tangkis India, Sai Praneeth. Sejauh ini, kedua pemain sudah tiga kali bertemu dan skor 2-1 untuk Jonatan.

2 dari 3 halaman

Anthony Tersingkir

Langkah Anthony Sinisuka Ginting pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di Basel, Swiss, terhenti di babak ketiga, Kamis (22/8/2019). (foto: PBSI)

Sayang, langkah Jonatan tak bisa diikuti tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting. Ia menyerah dari Sai Praneeth dua game langsung 19-21 dan 13-21.

“Di poin-poin akhir malah ingin buru-buru menyerang. Padahal perjalanan sampai leading dua tiga poin tadi menunggu kesalahan lawan, bukan dari serangan saya,” kata Anthony.

Tersingkir di babak ketiga, Anthony tidak ingin larut dengan kekalahannya. “Setelah ini saya akan diskusi lagi sama pelatih. Hasil turnamen ini banyak yang harus dievaluasi dan diperbaiki. Apa yang mesti ditambah, mesti diperhatikan lagi dari penampilan, akan dibicarakan dengan pelatih,” ucap Anthony.

3 dari 3 halaman

3 Wakil

Selain Jonatan Christie, Indonesia juga meloloskan dua wakilnya ke perempat final. Di nomor ganda putra ada Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan. Hendra / Ahsan menyingkirkan Alexanderta Dunn/Adam Hall dari Skotlandia 21-19 dan 21-16.

Sementara di ganda putri, Indonesia diwakilkan Greysia Polii / Apriyani Rahayu. Unggulan kelima ini menang 21-19 dan 21-16 atas pasangan Bulgaria, Gabriela Stoeva / Stefani Stoeva.