Juara Liga Champions, Liverpool Bakal Kuasai UEFA Super Cup 2019?

Liputan6.com, Istanbul – Liverpool dan Chelsea terlibat perebutan UEFA Super Cup 2019 di Vodafone Park, Rabu (14/8/2019) atau Kamis dini hari WIB. Sebagai juara Liga Champions, Liverpool sangat diunggulkan memenangkan pertandingan yang ditayangkan SCTV nanti.

Bagaimana tidak, pasukan Jurgen Klopp datang sebagai penguasa kompetisi berat.

Liga Champions merupakan panggung klub-klub terbaik Eropa. Sementara Chelsea menguasai Liga Europa yang notabene kompetisi kelas dua.

The Reds juga dalam kondisi mental baik. Mereka baru saja mengalahkan Norwich City 4-1 pada laga pembuka Liga Inggris. Sebaliknya, The Blues dihajar Manchester United 0-4.

Timpangnya kekuatan kedua tim juga terlihat dari musim lalu. Chelsea hanya satu tingkat di bawah Liverpool pada Liga Inggris. Namun, klub London Barat tersebut tertinggal 25 angka dari Liverpool.

2 dari 3 halaman

Rapor Juara Liga Champions

Real Madrid ketika memenangkan Piala Super Eropa 2017. (AFP/Armend Nimani)

Perbandingan tersebut toh bukanlah jaminan Liverpool bakal memenangkan partai nanti. Nyatanya, persentase kesuksesan wakil Liga Champions di UEFA Super Cup tidak terlalu baik.

Hanya 23 juara Liga Champions yang berjaya pada 43 edisi UEFA Super Cup sebelumnya, atau sebesar 53,45 persen.

3 dari 3 halaman

Wakil Liga Europa Lebih Buruk

Meski begitu, kinerja wakil Liga Europa di UEFA Super Cup juga kurang impresif. Sejak menggantikan wakil Piala Winners tampil di UEFA Super Cup mulai 2000, hanya delapan juara Liga Europa yang memenangkan kompetisi tersebut.

Rasio sukses tim Liga Europa di UEFA Super Cup hanya 42,1 persen. Capaian itu terjadi berkat kehebatan Atletico Madrid yang mengganggu hegemoni tatanan sepak bola Eropa pada 2010, 2012, dan 2018.