Kualifikasi Olimpiade 2020: Timnas Wanita Indonesia Lawan India di Laga Perdana

Jakarta – Timnas Wanita Indonesia menjalani putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020 zona Asia setelah berhasil menjadi runner-up Grup D di putaran pertama kualifiasi Olimpiade 2020 pada November 2018.

Tergabung dalam pot 3 saat pengundian putaran kedua Kualifikasi Olimpiade 2020 zona Asia bersama Filipina dan Hong Kong, akhirnya Timnas Wanita Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Myanmar, India, dan Nepal.

India, yang lolos ke putaran kedua sebagai runner-up Grup C di putaran pertama, akan menjadi lawan pertama tim asuhan Rully Nere di kualifikasi kali ini. Keduanya akan bermain di Stadion Mandalathiri, Mandalay, Myanmar pada Rabu (3/4/2019).

Setelah itu, tuan rumah Myanmar menjadi lawan yang harus dihadapi Timnas Wanita Indonesia di laga kedua. Setelah beristirahat dua hari usai menjalani laga pertama, kedua tim akan bertanding di stadion yang sama pada Sabtu (6/4/2019).

Timnas Wanita Indonesia akan mengakhiri putaran kedua kualifikasi Olimpiade 2020 zona Asia ini dengan menghadapi Nepal, tim yang lolos ke putaran kedua sebagai satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik. Pertandingan antara Timnas Wanita Indonesia kontra Nepal akan digelar pada Selasa (9/4/2019).

Sekadar informasi, hanya akan ada tiga tim yang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Olimpiade 2020 dari fase ini. Artinya, dengan tiga grup yang ada dengan masing-masing berisi 4 tim, termasuk Grup A yang ditempati oleh Timnas wanita Indonesia, hanya juara grup yang akan lolos ke fase berikutnya.

Tiga tim yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Olimpiade 2020 akan bergabung dengan lima tim yang memulai kampanye dari fase tersebut, yaitu Australia, China, Korea Utara, Korea Selatan, dan Thailand.

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.