Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup: Cesar Azpilicueta Belajar dari MU

Liputan6.com, Istanbul – – Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta meminta rekan setimnya bersiap menghadapi Liverpool di Vodafone Park, Istanbul, Rabu (14/8/2019) atau Kamis dini hari WIB pada ajang UEFA Super Cup. Dia juga berharap tim asuhan Frank Lampard bisa segera bangkit.

Chelsea, jelang pertandingan melawan Liverpool, mendapat pukulan telak. The Blues menelan kekalahan 0-4 dari Manchester United di Old Trafford, pada pekan pertama Liga Inggris, pekan lalu.

“Kami tentu sangat kecewa dengan hasil ini karena kami mengendalikan permainan, terutama di babak pertama, dan menciptakan banyak peluang namun gagal mencetak gol,” kata Azpilicueta, dikutip dari situs resmi klub.

Hingga saat ini, Azpilicueta masih belum bisa menerima kekalahan telak dari Setan Merah, sebutan MU. Namun, dia belajar banyak dari kekalahan tersebut.

“Skor yang sulit diterima, tapi ini menjadi pelajaran. Kami tidak tajam di kotak penalti dan setelah kami kemasukan dua gol dalam dua menit, segala sesuatunya menjadi sulit untuk kami, itu sebuah pembelajaran,” ujar bek Chelsea berusia 29 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Perjuangan di Istanbul

Para pemain Chelsea tampak kecewa usai ditaklukkan Manchester United pada laga Premier League 2019 di Stadion Old Trafford, Minggu (11/8). Manchester United menang 4-0 atas Chelsea. (AP/Dave Thompson)

Kini perhatian Azpilicueta tertuju ke laga UEFA Super Cup, antara juara Liga Champions dan Liga Europa. Liverpool sudah menanti di Istanbul dan Azpilicueta tahu bahwa mereka harus cepat mengambil pelajaran dari laga di Manchester selagi mempersiapkan diri untuk menghadapi pasukan Jurgen Klopp.

“Chelsea selalu berjuang untuk segalanya jadi ketika kami tidak memang maka kami tahu akan ada banyak pertanyaan di sekitar kami tapi kami harus menghadapi itu,” ucapnya.

“Kami harus belajar dari laga itu, kami tahu bahwa kami bisa lebih baik lagi dan kami harus mengambil tanggung jawab. Ada trofi untuk diperjuangkan pada Rabu, melawan tim yang bagus, jadi kami harus siap,” kata mantan bek Marseille tersebut, melanjutkan.

3 dari 3 halaman

Rekor Chelsea Di Eropa

Berikut statistik Chelsea di kompetisi Eropa:

1. Chelsea tak terkalahkan di Eropa musim lalu (12 kali menang, tiga kali imbang), yang sekaligus menjadi rekor di Liga Europa.

2. Pasukan Frank Lampard berniat memperpanjang rekor 15 laga tak terkalahan beruntun di Eropa. Terakhir kali Chelsea kalah saat melawan Barcelona (0-3) di babak 16 besar Liga Champions, pada Maret 2018, di Camp Nou.

3. Chelsea selalu mencetak tiga gol atau lebih di lima dari delapan laga terakhir di Eropa. Total 36 gol yang The Blues ciptakan di Liga Europa musim lalu hanya selisih satu poin dari rekor terbanyak di kompetisi itu, yang dibukukan oleh Porto di musim 2010/11.

4. Chelsea menang tujuh kali, imbang tujuh kali, dan kalah empat kali dari 18 pertemuan dengan tim asal Inggris di kompetisi Eropa.

5. Chelsea sudah tampil tiga kali di laga kompetitif di Istanbul (sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah).

Saksikan video pilihan berikut ini: