Markus Horison Inspirasi I Made Putra Tampil Heroik di Timnas Indonesia U-15

Ho Chi Minh City- Timnas Indonesia U-15 memulai Piala AFF 2019 dengan memetik poin penuh usai menang 2-0 atas Vietnam, Sabtu (27/7/2019). Kemenangan Garuda Asia tak bisa dilepaskan dari aksi heroik kiper I Made Putra di bawah mistar gawang.

Timnas Indonesia U-15 sejatinya bisa saja kebobolan pada laga tersebut setelah Vietnam mendapatkan penalti pada menit ke-15. Namun, I Made Putra berhasil menggagalkan tembakan Vo Anh Quan, yang mengarah ke pojok kiri bawah. 

Pasukan asuhan pelatih Bima Sakti itu justru berhasil mencetak gol pada menit ke-40+2 melalui Valeron. Gol tersebut menambah kepercayaan diri Timnas Indonesia U-15 dan berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-45 melalui aksi Marselino Ferdinan.

Gol tersebut membuat Vietnam makin tertekan. Mereka pun melancarkan serangan ke lini pertahanan Timnas Indonesia U-15. Namun, sejumlah peluang Vietnam gagal menjadi gol berkat penampilan apik I Made Putra yang melakukan beberapa penyelamatan.

“Saya senang bangga bisa membantu tim, akan tetapi saya punya mindset untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Saya pikir kemenangan tadi bukan berkat saya saja. Bukan kerja individu, melainkan karena kerja sama tim,” kata I Made Putra.

I Made Putra membeberkan penampilan apiknya ketika menggagalkan penalti Vietnam. Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena menyerap ilmu yang diberikan pelatih kiper, Markus Horison.

“Soal penalti tadi, saya sangat berterima kasih kepada coach Markus. Tadi waktu penalti, saya ingat ilmu dari coach Markus, yakni membaca penalti lawan dari ancang-ancangnya,” ujar kiper nomor satu Timnas Indonesia U-15 itu.

2 dari 2 halaman

Dinanti Singapura

Singkatnya jeda antarpertandingan membuat pelatih Bima Sakti bakal melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-15 saat menghadapi Singapura (28/7/2019). (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-15 tak boleh berpuas diri. Pada laga selanjutnya di Piala AFF U-15 2019, Tim Garuda Asia akan menghadapi Singapura (29/7/2019).

Pertandingan nanti menjadi pertemuan keempat sepanjang sejarah di Piala AFF. Sejauh ini, Timnas Indonesia U-15 belum terkalahkan dengan perincian sekali menang dan dua kali imbang.

Catatan apik dan kemenangan melawan Vietnam tentu menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia U-15. Mereka wajib mempertahankan tren kemenangan demi ambisi meraih gelar Piala AFF 2019.