MFC Kembali Digelar, Cari 16 Anak Terbaik dari 5 Kota Besar

Jakarta – MILO kembali menggelar Football Championship untuk usia dini. Kali ini, ajang dengan nama MILO Football Champioship (MFC) 2019 akan digelar dengan kick off di Jakarta, Sabtu (2/3).

Turnamen U-12 ini sendiri  sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir. Ajang ini akan kembali mencari anak-anak terbaik dari Indonesia yang akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu idolanya di FC Barcelona.

Satu yang membedakan MILO Football Championship kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah masuknya Surabaya sebagai kota penyelenggara final regional, membuat pencarian bakat dan turnamen sepak bola U-12 ini akan digelar di 5 kota besar, termasuk 4 kota yang setiap tahun sudah menjadi penyelenggara, yaitu Jakarta, Makassar, Medan, dan Bandung.

Sebelumnya fase penyisihan sudah dilakukan 20 kota, yaitu Jakarta Timur plus Jakarta Pusat, Jakarta, Selatan, Jakarta Barat, Tangerang Selatang, Bandung plus Cimahi, Purwakarta, Bekasi, dan Cirebon pada 9-10 Februari 2019. Sementara di Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Makassar, Bone, Bantaeng, dan Pare-Pare digelar pada 16-17 Februari 2019.

Kick-off final regional MILO Football Championship 2019 digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019). Turnamen digelar selama dua hari dan akan melibatkan tiga pelatih, yaitu Zainal Abidin, dan dua mantan pemain nasional, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Ponaryo Astaman.

Sementara itu, final regional Medan dan Bandung akan digelar bersamaan pada 9-10 Maret 2019. Sementara untuk Surabaya akan digelar pada 23-24 Maret, dan Makassar menjadi kota terakhir yang menggelar Milo Football Championship 2019 pada 6-7 April 2019.

Kurniawan pun menegaskan format pertandingan yang digunakan di MILO Football Championship kali ini akan mengikuti Filosofi Sepak Bola Indonesia yang digagas PSSI.

“Saya, Ponaryo, dan Coach Zainal, akan menjadi tim scouting. Kami akan menggunakan format 7 lawan 7 sesuai dengan filanesia dari PSSI,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto di Kantor Bola.com, Kamis (28/2/2019), siang.

Sementara itu, Ponaryo Astaman menegaskan proses scouting akan digelar di 5 kota besar yang menjadi tuan rumah final regional. Mantan kapten Timnas Indonesia itu pun mengungkapkan kriteria pemain yang akan dicarinya bersama Kurniawan dan Zainal Abidin.

“Proses talent scouting dilaksanakan dari semua final regional MILO Football Championship. Jadi pemain-pemain terbaik akan diambil dari lima kota besar itu. Untuk kriterianya, bukan hanya keterampilan individu yang kami cari, tapi bagaimana mereka bisa bertanding sebagai sebuah tim,” tegas Ponaryo di Kantor Bola.com.

2 dari 3 halaman

Peserta Perempuan Lebih Banyak di MILO Football Championship 2019

Mantan pemain Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto dan Ponaryo Astaman saat mengunjungi kantor Bola.com di Gondangdia, Jakarta, Kamis (28/2). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kurniawan Dwi Yulianto yang sudah menjadi instruktur dalam MILO Football Championship dalam beberapa tahun terakhir mengungkapkan akan ada kuota khusus bagi pesepak bola perempuan di edisi kali ini. Dari talent scouting yang dilakukan di lima kota besar, akan diambil 16 pemain terbaik untuk mengikuti MILO Football Camp, di mana 4 pemain di antaranya harus perempuan.

“Kami memperbanyak peserta perempuan di edisi kali ini. Untuk 16 pemain yang terpilih mengikuti camp harus ada empat pemain perempuan yang dilibatkan. Setelah itu akan ada dua perempuan dari delapan pemain yang akan berangkat ke China,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto.

16 pemain terpilih dari talent scouting di MILO Football Championship 2019 akan mengikuti MILO Football Camp pada 22-27 April 2019. Dari pemusatan latihan tersebut akan dipilih delapan pemain terbaik, dengan dua pemain di antaranya perempuan, untuk berangkat ke China mengikuti MILO Champions Cup, bersaing dengan peserta MILO Football Championship di negara-negara lainnya pada Juli 2019.

3 dari 3 halaman

Jadwal MILO Football Championship 2019

Jakarta: 2-3 Maret 2019

Medan: 9-10 Maret 2019

Bandung: 9-10 Maret 2019

Surabaya: 23-24 Maret 2019

Makassar: 6-7 April 2019