Olimpiade 2020 Tokyo: Jepang Buat Robot Patroli Keamanan

Jakarta Jepang bakal melakukan uji coba robot patroli yang akan digunakan untuk membantu mengamankan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Uji coba itu dilakukan di Bandara Internasional Narita pada 3 Juni. Rencananya ada empat robot yang akan berpatroli untuk memastikan keamanan di bandara sebelum, saat berlangsung, dan sesudah Olimpade 2020 serta Para Olimpade. 

Nariata International Airport Corporation mengumumkan rencana itu pada 30 Mei dalam acara peluncuran.

Dengan tinggi 1,2 meter, setiap robot keamanan dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti kamera dengan rotasi 360 derajat, sensor termal, dan detektor logam. 

Setiap pasangan robot akan berfungsi sebagai patroli keamanan di Terminal 1 dan 2 Bandara Narita yang terletak di Prefektur Chiba, bersebelahan dengan Tokyo.

Selama pengujian pada 29 Mei, robot diuji untuk mendeteksi benda mencurigakan dan mengirimkan informasi ke pos pemeriksaan. 

Di Jepang, karena kurangnya pekerja, banyak bisnis dan perusahaan transportasi yang menggunakan robot untuk mendukung keamanan dan pengawasan. Namun, ini akan menjadi pertama kalinya robot ditugaskan untuk misi pengawasan keamanan di bandara Jepang.

Olimpiade 2020 Tokyo akan digelar mulai 24 Juli-9 Agustus 2020. Sementara Para Olimpiade digelar pada 25 Agustus-6 September.

Sumber: Mainichi/Bola.com

Finis posisi ketiga di lari 100 meter putra Golden Grand Prix Osaka 2019, Lalu Muhammad Zohri dipastikan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.