Persebaya Surabaya Segera Rombak Legiun Asing

Liputan6.com, Surabaya – Manajemen Persebaya Surabaya bakal merombak pemain asing pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Keputusan diambil karena kinerja legiun impor saat ini tidak maksimal.

Pada laga terakhir melawan Arema FC, Kamis (15/8/2019), Amido Balde menjadi satu-satunya pemain asing Persebaya yang menjadi starter.

Damian Lizio dan Manuchekhr Dzhalilov dicadangkan. Lizio kemudian masuk menggantikan Rendi Irwan pada menit ke-49. Namun, kehadirannya tidak berbuah positif. Bajul Ijo justru kebobolan tiga gol tambahan dan tumbang 0-4.

‚ÄĚProses evaluasi kami terus berjalan. Kalau pelatih nggak puas, ya harus ada yang dilakukan. Kami akan evaluasi, yang kurang apa, nanti diperbaiki,” kata manajer Persebaya Candra Wahyudi.

Secara statistik, Balde menjadi pemain asing paling berkontribusi. Striker 27 tahun itu sudah mencetak lima gol. Namun, capaian Balde sama dengan Irfan Jaya yang menyumbang gol sama. Padahal Irfan Jaya beroperasi di sayap.

Sementara Dzhalilov baru menciptakan satu gol dari 12 laga. Dia kalah bersinar ketimbang Oktafianus Fernando yang merobek gawang lawan dua kali dalam empat pertandingan.

2 dari 3 halaman

Berdasar Evaluasi

Presiden Persebaya, Azrul Ananda. (Liputan6.com/Dimas Angga P)

Presiden Persebaya Azrul Ananda membenarkan strategi tersebut. Manajemen sudah menyiapkan sejumlah rencana demi memperbaiki kinerja tim.

Namun, dia menegaskan pentingnya akal sehat. Azrul Ananda menyatakan tidak bakal bertindak karena emosi, terlebih setelah hasil memalukan melawan Arema FC.

“Ini sebenarnya momen kami melakukan kerja (perubahan) dan kami sudah mulai melakukan ini sejak beberapa pekan lalu. Sudah ada plan A, plan B,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Performa Buruk

Persebaya hanya meraih satu kemenangan di delapan laga terakhir Shopee Liga 1 2019. Mereka kian tertinggal pada perburuan gelar juara. Saat ini Persebaya berada 13 poin di belakang pemuncak klasemen Bali United yang memiliki tabungan satu pertandingan.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com