Peta Kekuatan Piala Presiden 2019: Persebaya Keropos, Persib Bisa Maksimal

Jakarta – Kekuatan sejumlah tim terancam tak maksimal di Piala Presiden 2019 . Pasanya, mereka kehilangan beberapa pemain lantaran turnamen yang dimulai pada 2 Maret hingga 12 April 2019 bertabrakan dengan pemusatan latihan (training centre) dua Timnas Indonesia, yakni U-22 dan senior.

Madura United paling terkena dampak dengan bentroknya dua ajang tersebut. Tim Laskar Sappe Kerrab itu kehilangan lima pemain untuk Timnas Indonesia dan satu pemain ke Timnas Indonesia U-22.

Lima personil Madura United yang akan mengikuti TC bersama Timnas Indonesia adalah Muhammad Ridho Djazulie, Fachruddin Aryanto, Zulfiandi, Andik Vermansah, dan Greg Nwokolo. TC ini akan dimulai pada 6-21 Maret 2019. Satu pemain lainnya yaitu Satria Tama, bakal turun dalam persiapan Timnas Indonesia U-22 untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 2019 di Vietnam pada 22-26 Maret 2019.

Bhayangkara FC dan Persebaya berada di urutan kedua peserta Piala Presiden 2019 yang skuatnya melemah dampak dari bentrok agenda ini. Bhayangkara akan kehilangan mewakilkan Alsan Sanda, Wahyu Subo Seto (Timnas Indonesia) serta Awan Setho Raharjo, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, dan Sani Rizki Fauzi. (Timnas Indonesia U-22).

Lini pertahanan tim berjulukan The Guardian itu terancam keropos di Piala Presiden 2019 , mengingat empat dari lima pemain tersebut, meliputi Awan, Alsan, Nurhidayat, dan Bagas berposisi sebagai bek.

2 dari 3 halaman

Persebaya Kehilangan 4 Bek

Mirip dengan Bhayangkara FC, Persebaya juga kehilangan empat bek, yakni Hansamu Yama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (Timnas Indonesia) serta Rachmat Irianto (Timnas Indonesia U-22). Satu lagi personil yang memperkuat Timnas Indonesia U-22 adalah Otavio Dutra.

Menyusul di belakang Bhayangkara FC dan Persebaya adalah Bali United. Tim berjuluk Serdadu Tridatu kehilangan empat pemain, meliputi Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic (Timnas Indonesia), dan Kadek Agung (Timnas Indonesia U-22).

Gelandang Persebaya, Rendy Irwan, (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

3 dari 3 halaman

Kelonggaran dari PSSI

 Meski begitu, PSSI memberikan kelonggaran untuk para peserta Piala Presiden 2019. Sejumlah klub yang para pemainnya dipanggil Timnas Indonesia, masih dapat memainkannya untuk partai pertama babak penyisihan grup.

Persib Bandung menjadi satu dari sedikit klub yang akan berkekuatan penuh di Piala Presiden. Pasalnya, tim berjuluk Pangeran Biru itu hanya kehilangan Gian Zola ke Timnas Indonesia U-22. Zola pun bukan pilar utama Persib lantaran pada musim lalu dipinjamkan ke Persela Lamongan.

Sumber: Bola.com