Ragam Rekor Menanti Dipecahkan di Copa America 2019

Liputan6.com, Jakarta – Copa America 2019 di Brasil akan digelar mulai 14 Juni hingga 7 Juli. Banyak yang bisa diharapkan dari turnamen sepakbola kontinental tertua di dunia ini.

Salah satunya adalah potensi pemecahan beberapa rekor yang sudah bertahan sejak sangat lama.

Seperti dilansir situs resmi Copa America 2019, ada setidaknya lima rekor yang menunggu untuk dipecahkan. Salah satunya gol terbanyak dalam satu edisi

Rekor gol terbanyak dalam satu edisi Copa America adalah sembilan gol. Ada tiga pemain yang mengukir prestasi tersebut, yakni Jair Rosa Pinto (Brasil) pada edisi 1949, serta Humberto Maschio (Argentina) dan Javier Ambrois (Uruguay) pada edisi 1957. Adakah pemain yang akan mematahkan rekor tersebut di Brasil 2019?

Kemudian ada pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Di catatan ini ada Zizinho (Brasil) dan Norberto Mendez (Argentina) adalah dua pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Copa America.

Mereka memimpin daftar ini dengan torehan masing-masing 17 gol. Ada dua pemain aktif yang paling berpeluang menyamai atau memecahkan rekor tersebut, yakni Paolo Guerrero dari Peru (11 gol) dan Eduardo Vargas dari Chile (10 gol).

Tricampeonato

Tuan rumah, menang tanpa kebobolan, juara

Tak banyak tim yang menjuarai Copa America sebagai tuan rumah dengan memenangi semua pertandingan mereka tanpa sekali pun kebobolan. Hanya ada tiga tim yang pernah mencatatkan prestasi ini, yakni Argentina pada edisi 1921, Uruguay pada edisi 1917 dan 1987, serta Kolombia pada edisi 2001. Di edisi kali ini ini, mampukah Brasil mengikuti jejak mereka?

Rata-rata penonton terbanyak di stadion-stadion

Copa America Centenario pada 2016, yang digelar di Amerika Serikat, disaksikan langsung oleh hampir 1,5 juta penonton. Jumlah itu dicatatkan dalam 32 pertandingan di stadion-satadion di 10 kota. Rata-ratanya adalah 46 ribu penonton per laga. Itu adalah rekor tertinggi dalam sejarah 100 tahun turnamen ini. Copa America 2019 di Brasil, dengan enam stadion di lima kota, pasti tertantang untuk mematahkannya.

Tricampeonato

Sepanjang sejarah Copa America, baru pernah ada satu tim yang mampu menjadi juara tiga edisi secara beruntun. Tricampeonato itu diraih oleh Argentina pada edisi 1945, 1946 dan 1947. Chile, yang menjuarai edisi 2015 dan 2016, punya peluang untuk menyamai prestasi istimewa tersebut. Namun itu tidak bakal mudah.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓