Rapor Buruk Tuan Rumah Fase Grup Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta – Fase grup Piala Presiden 2019 menghadirkan fenomena menarik. Tidak seluruh tuan rumah lolos ke babak gugur.

Hanya dua tuan rumah putaran awal Piala Presiden yang melaju ke babak berikutnya. Mereka adalah Bhayangkara FC (Grup B) dan Arema FC (Grup E).

Jumlah itu bahkan bisa berkurang karena Arema FC harus menunggu hingga laga terakhir sebelum memastikan lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

Sementara tiga penyelenggara lain terbilang mengecewakan. Persib Bandung (Grup A) dipastikan tersisih karena menderita kekalahan di dua laga awal. PSIS Semarang (Grup C) dan PSS Sleman (Grup D) harus berjuang mati-matian di laga terakhir. Pada akhirnya mereka mengepak kopor lebih cepat.

Kondisi ini menunjukkan kesiapan tim lebih menentukan ketimbang mengharapkan keuntungan sebagai tuan rumah. “Inilah fakta menarik lain dari Piala Presiden 2019,” kata anggota steering committee (SC) Piala Presiden 2019 Bontor Tobing, dilansir situs resmi Liga 1.

“Turnamen ini sebagai ajang pramusim yang ideal bagi semua pesertanya. Paling tidak setiap tim paham dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing sebelum hadir di kompetisi resmi,” sambungnya.

Berita video highlights Piala Presiden 2019, Bhayangkara FC vs Semen Padang, yang berakhir dengan skor 4-2 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (3/3/2019).