Sebelum Balapan, Valentino Rossi Suka Bicara dengan Motornya

Jakarta Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, memiliki kebiasaan unik setiap akan menjalani balapan. The Doctor (julukan Rossi) mengaku selalu berbicara dengan motornya seperti orang yang sedang berkencan.

Rossi mengungkapkan rutinitas tersebut saat wawancara pada acara televisi Italia, Che Tempo Che Fa, seperti dilansir Crash, Kamis (31/1/2019). Menurut Rossi, kebiasaan itu selalu dilakukan demi menjaga performanya tetap di atas.    

Seperti apa rutinitas romantis Rossi? Satu di antaranya adalah mengoleksi motor yang mengantarnya menjadi juara dunia. Selain itu, dia juga suka berbincang dengan motornya sebelum balapan. 

“Saya menyimpan semua motor Yamaha yang membawa saya meraih gelar juara dunia,” kata Rossi.  

“Sebelum tiap balapan, saya menghabiskan 40 menit di sekitar motor. Saya berbicara dengan motor, hampir seperti kami sedang berkencan,” imbuh pembalap asal Italia tersebut. 

Entah rutinitas tersebut benar-benar berpengaruh atau tidak, Valentino Rossi nyatanya mampu tetap bersaing di papan atas MotoGP meskipun usianya tak lagi muda. Pada musim 2018, The Doctor finis di posisi ketiga, di belakang Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. 

2 dari 2 halaman

Belum Melambat

Rossi belum menunjukkan tanda-tanda melambat meskipun bakal berusia 40 tahun pada awal Februari. 

“Pada 16 Februari, saya berusia 40 tahun? Tak perlu dikatakan, saya tak pernah berpikir bakal membalap begitu lama,” ujar Rossi. 

“Saya tak pernah bertanya pada diri sendiri, apakah akan membalap hingga 40 tahun, karena menjadi pembalap motor selalu menjadi impian saya,” imbuh dia.