Sempat Unggul, Persebaya Hanya Curi 1 Poin di Markas Kalteng Putra

Palangkaraya РPersebaya gagal memanfaatkan keunggulan melawan Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Jumat (13/9/2019). Kedua tim hanya bermain imbang 1-1 dalam duel yang berjalan sengit tersebut.

Sebelumnya, Kalteng Putra memang selalu meraih kemenangan ketika bermain di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, di Liga 1 2019. Memulai pertandingan perdana di Tuah Pahoe saat menghadapi Semen Padang pada 2 Agustus 2019, Kalteng Putra menang 2-0.

Setelah itu, Arema FC dan Bhayangkara FC yang menjadi korban Kalteng Putra di Tuah Pahoe. Arema kalah 2-4 dari Laskar Isen Mulang, sementara Bhayangkara FC kalah 2-3 dari Patrich Wanggai dkk. di Tuah Pahoe.

Dalam pertandingan kali ini, Kalteng Putra dan Persebaya sama-sama bermain menyerang. Silih berganti kedua tim melakukan serangan yang membahayakan gawang lawan.

Persebaya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-13 lewat gol yang dicetak Osvaldo Haay. Pemain asal Papua itu hanya tinggal menceploskan bola di depan gawang Kalteng Putra setelah pemain-pemain bertahan tim tuan rumah tidak mampu menghalau bola umpan silang.

Kalteng Putra tak mengenal menyerah meski tertinggal satu gol dari tamunya. Diogo Campos menjadi motor serangan tim berjulukan Laskar Isen Mulang itu untuk menggedor lini pertahanan Persebaya yang dikawal Hansamu Yama dan Otavio Dutra.

Sebuah peluang emas didapatkan Kalteng Putra lewat Wasyiat Hasbullah pada menit ke-20. Menerima umpan pendek dari Patrich Wanggai, full back Kalteng Putra itu melepaskan tembakan terukur ke gawang Persebaya yang masih mampu ditepis oleh Miswar Saputra.

Persebaya kemudian mendapatkan peluang emas lewat Osvaldo Haay pada menit ke-27. Berawal dari umpan silang Rendi Irwan yang langsung diterima dan dikontrol dengan kepala oleh Osvaldo Haay, tembakan dilepaskan oleh pemain muda Persebaya itu yang sayangnya membuat bola masih melambung ke atas mistar gawang Kalteng Putra

Kalteng Putra justru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-28 lewat gol yang dicetak Diogo Campos. Mendapat umpan terobosan yang bagus dari Patrich Wanggai, pemain asing Kalteng Putra ini tak membuang peluang untuk menjebol gawang Persebaya.

Kalteng Putra sempat berbalik unggul pada menit ke-31 lewat gol yang dicetak OK John. Sayang, posisi Diogo Campos yang aktif menyerang dalam kondisi offside membuat asisten wasit mengangkat bendera dan gol tersebut pun dianulir.

Hingga 45 menit pertama berakhir, Kalteng Putra dan Persebaya masih tetap imbang 1-1.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Kalteng Putra makin menggila di babak kedua. Tim tuan rumah berusaha keras untuk mendobrak pertahanan Persebaya. Tenaga baru masuk di tim tuan rumah, di mana Fajar Handika ditarik keluar dan digantikan Edison Soares pada menit ke-57.

Sementara itu Persebaya juga mengambil cara yang sama pada awal babak kedua dengan menarik Oktafianus Fernando dengan memasukkan Irfan Jaya pada menit ke-52 serta Misbakus Solikin yang menggantikan Rendi Saputra.

Kalteng Putra begitu termotivasi. Bahkan sebuah peluang emas berhasil didapatkan oleh pemain pengganti mereka, Edison Soares pada menit ke-61. Pemain asal Brasil itu menerima umpan di depan gawang Persipura. Sayang, tandukan yang dilepaskannya masih mampu dihalau Miswar Saputra.

Persebaya tak ingin tertekan begitu saja. Irfan Jaya dkk. tetap berusaha untuk menggempur lini pertahanan Kalteng Putra. Sebuah peluang diciptakan Irfan Jaya pada menit ke-68, di mana tembakannya masih membentur mistar gawang Kalteng Putra.

Hingga pertandingan usai, kedua tim yang terus berusaha menciptakan peluang harus puas bermain imbang 1-1 dalam pertandingan ini. Persebaya pun berhasil pulang dengan membawa satu poin, sementara Kalteng Putra harus menerima kenyataan catatan impresif dengan selalu menang di Tuah Pahoe harus terhenti.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper); Kevin Gomes, Bonfim, OK John, Wasyiat Hasbulla (belakang); Takuya Matsunaga, Gede Sukadana, Fajar Handika (tengah); Diogo Campos, Ferinando Pahabol, Patrich Wanggai (depan)

  • Pelatih: Gomes de Oliveira

Persebaya (3-5-2): Miswar Saputra (kiper); Hansamu Yama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (belakang); Abu Rizal Maulana, Fandi Eko Utomo, Muhammad Hidayat, Oswaldo Haay, Rendi Saputra (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva (depan)

  • Pelatih: Sugiantoro (caretaker)

Sumber: Bola.com (Penulis: Benediktus G, Editor: Aning, published 13 September 2019)