Statistik Membuktikan: Di Usia 32 Tahun, Lionel Messi Mengungguli Pencapaian Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah menjadi topik diskusi selama lebih dari satu dekade terakhir. Keduanya mendominasi dunia sepak bola seperti yang tidak pernah dibayangkan oleh siapa pun, memenangkan 10 dari 11 Ballon terakhir secara total.

Namun, Cristiano Ronaldo dalam beberapa tahun terakhir, telah mengungguli Lionel Messi dalam hal pencapaian individu dan kolektif. Bintang asal Portugal itu menambahkan dua penghargaan Ballon d’Or ke namanya dalam tiga tahun terakhir.

Sementara Messi terakhir kali memenangkan penghargaan pribadi paling bergengsi tersebut pada 2015. Saat itu, dia bersama Barcelona memenangkan treble winner.

Ronado juga telah memenangkan tiga trofi Liga Champions dalam empat tahun terakhir bersama Real Madrid. Dengan begitu, pemain berjuluk CR7 tersebut sudah memenangkan lima trofi Liga Champions, satu kali lebih banyak dari Lionel Messi.

Meski gagal di Liga Champions dalam empat tahun terakhir, prestasi individu Lionel Messi juga tidak buruk. Ia memenangkan tiga Sepatu Emas Eropa. Dengan demikian, ia sudah enam kali memenangkan penghargaan itu dan merupakan rekor.

Akan tetapi, prestasi Ronaldo di tim nasional lebih baik dari Lionel Messi. Ronaldo telah memenangkan Piala Eropa perdananya bersama Timnas Portugal pada 2016 lalu. Sementara Lionel Messi masih berjuang untuk memenangkan gelar juara pertamanya bersama Timnas Argentin di Copa America 2019.

2 dari 3 halaman

Lionel Messi

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, meraih trofi Sepatu Emas Eropa yang kelima pada Selasa (18/12/2018). (AFP/Lluis Gene)

Lantas, siapakah yang lebih baik, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Menurut catatan statistik GiveMeSport, Messi meninggalkan Ronaldo dalam hal pencapaian individu dan kolektif saat keduanya sama-sama berusia 32 tahun.

Ronaldo, yang berusia 32 tahun pada 5 Februari 2017, sudah memainkan total 802 pertandingan. Dari jumlah tersebut, dia mencetak 568 gol.

Sementara Messi, yang pada 24 Juni 2019 berusia 32 tahun, total suddah memainkan 870 pertandingan. Dia mengalahkan Ronaldo dengan mencetak 671 gol untuk klub dan tim nasional.

3 dari 3 halaman

Jumlah Trofi

Megabintang Barcelona itu juga mengalahkan Ronaldo dengan total memenangkan 34 gelar juara, empat di antaranya trofi Liga Champions. Sedangkan Ronaldo, hanya memenangkan 22 trofi dan tiga trofi Liga Champions pada Februari 2017.

Messi juga telah memenangkan 5 Ballon d’Ors sebelum berusia 32 tahun. Sementara Ronaldo hanya memiliki 4 Ballon d’Or di usia yang sama.

Saksikan video pilihan berikut ini: