Tertinggal 2 Gol, PSM Makassar Bekuk Home United

Jakarta – PSM Makassar bangkit dari ketertinggalan dua gol melawan Home United sebelum berjaya 3-2 pada lanjutan Grup H AFC Cup di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (30/4/2019). Kemenangan ini membawa mereka lolos ke semifinal zona ASEAN.

Duel berjalan alot pada babak pertama dan tak ada gol yang tercipta. PSM Makassar menciptakan beberapa peluang, lewat aksi Guy Junior dan Arfan. Di sisi lain, Home United juga tampil apik dan mampu mengancam gawang Juku Eja.

PSM dikejutkan oleh gol yang dicetak Hafiz Noor pada menit ke-51. Hafiz Noor mengecoh kiper Rivki Mokodompit, bola hasil tendangan mendatar menggetarkan gawang Juku Eja. Hanya berselang tiga menit, Hafiz Noor kembali beraksi menjebol gawang PSM. 

Tertinggal 0-2, PSM mencoba bangkit. Upaya anak asuh Darije Kalezic membuahkan hasil pada menit ke-60. Marc Klok membuka asa PSM setelah menjebol gawang Home United lewat tendangan penalti.

PSM terus mengurung pertahanan Home United. Marc Klok kembali menjadi pahlawan PSM setelah sukses menyamakan skor 2-2. Pemain asal Belanda ini melepaskan tendangan jarak jauh dan tak mampu diantisipasi kiper Home United, Nazri Sabri.

Setelah mencetak dua gol balasan, PSM tampil lebih tenang dan percaya diri. Pada menit ke-86, PSM akhirnya berbalik unggul. Kali ini berkat aksi menawan Guy Junior, yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Unggul 3-2, PSM belum puas. Mereka kembali mengurung pertahanan Home United. Namun, hingga laga babak kedua berakhir, kedudukan tetap tak berubah. 

PSM Makassar sukses mengamankan skor 3-2 dan untuk sementara menempati posisi puncak klasemen Grup H dengan torehan 11 poin. Hasil ini membawa PSM lolos ke semifinal zona ASEAN.