Van Dijk Saingi Messi dan Ronaldo untuk Kandidat Pemain Terbaik UEFA 2019

Liputan6.com, Nyon – Bek Liverpool, Virgil van Dijk masuk sebagai salah satu dari tiga kandidat pemain terbaik UEFA 2019. Selain Van Dijk, dua pemain lainnya, bintang Barcelona, Lionel Messi dan penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo juga masuk daftar ini.

UEFA mengumumkan tiga kandidat permain terbaik Eropa 2019 pada Kamis (15/8/2019) malam WIB. Messi dan Ronaldo merupakan langganan dalam daftar pemain terbaik, tapi Van Dijk baru pertama kalinya.

Pemenang kandidat pemain terbaik UEFA 2019 bakal dipilih oleh perwakilan 80 tim peserta Liga Champions musim lalu dan jurnalis dari 55 negara anggota UEFA. Pengumuman pemenang berlangsung di Monako pada 29 Agustus nanti, bersamaan dengan pengundian fase grup Liga Champions 2019/2020.

Van Dijk masuk daftar ini setelah membawa Liverpool juara Liga Champions dan finis runner up Liga Inggris. Belum lama ini, bek Timnas Belanda ini juga mengantarkan The Reds mengangkat trofi UEFA Super Cup 2019 di Istanbul.

Penampilan Van Dijk di barisan pertahanan Liverpool begitu gemilang musim lalu. Terbukti, tim asuhan Jurgen Klopp hanya kebobolan 22 gol sepanjang musim lalu.

Messi tetap menjadi kandidat pemain terbaik UEFA 2019 kendati hanya berhasil membantu Barcelona juara La Liga. Namun, Messi merupakan top skorer Liga Champions musim lalu dengan 12 gol.

2 dari 3 halaman

Masuknya Ronaldo

Cristiano Ronaldo (Juventus/Portugal) menjadi salah satu dari tiga nominasi pemain terbaik UEFA 2019. (AFP/Isabella Bonotto)

Sementara masuknya Ronaldo dalam daftar kandidat ini malah cukup mengejutkan, mengingat Juventus tersingkir di perempat final Liga Champions musim lalu, meski mereka juara Serie A Italia. Performa debut Ronaldo juga tidak spesial walau menyarangkan 21 gol untuk I Bianconeri.

Ronaldo sudah tiga kali memenangi penghargaan ini, dan pemain Timnas Portugal ini tidak pernah absen dari daftar nominasi sejak diperkenalkan UEFA pertama kali pada 2011.

3 dari 3 halaman

Kategori Wanita

UEFA juga mengumumkan daftar tiga pemain terbaik wanita UEFA 2019. Mereka adalah Lucy Bronze, Ada Hegerberg, dan Amandine Henry, yang semuanya memperkuat Olympique Lyon.

Saksikan video pilihan di bawah ini