Van Gaal Sebut Messi Penyebab Barcelona Gagal Juara Liga Champions

Jakarta Mantan pelatih Timnas Belanda dan Manchester United, Louis van Gaal, meyakini kegagalan Barcelona merebut trofi Liga Champions 2018-2019 tak lepas dari kesalahan sang bintang, Lionel Messi. Menurut Van Gaal, Messi seorang pemain yang berkarakter individual, bukan tim.  

Messi sudah mengantongi empat gelar Liga Champions sepanjang kariernya bersama Barcelona. Tapi, sejak 2015 dia tak lagi mencicipi gelar Liga Champions. 

Pada awal semifinal Liga Champions musim ini, Barcelona kembali difavoritkan jadi juara. Jalan ke podium tertinggi terlihat terbuka lebar setelah El Barca menang 3-0 atas Liverpool pada leg pertama di Camp Nou. 

Namun, Barca membuang peluang emas setelah keok 0-4 pada leg kedua di Anfield. Trofi Liga Champions akhirnya jadi milik Liverpool. 

Van Gaal meyakini Messi layak disalahkan atas kegagalan Barcelona tersebut. 

“Lihatlah Barca, berapa titel Liga Champions yang mereka menangi bersama orang yang mereka sebut sebagai pemain terbaik di dunia? Lihatlah Neymar di PSG. Berapa gelar Liga Champions yang mereka menangi? Neymar dan Messi saya sukai sebagai pemain individual, tetapi mereka bukan pemain tim,” ujar Van Gaal pada wawancara dengan El Pais, seperti dilansir Metro.uk, Senin (24/6/2019). 

2 dari 2 halaman

Individual Terbaik

“Lionel Messi harus bertanya pada diri sendiri mengapa sudah lama tidak memenangi Liga Champions. Dia pemain individual terbaik di dunia karena statistiknya luar biasa. Saya sangat menyukainya. Tapi, mengapa dia tak menjuarai Liga Champions dalam lima tahun? Mengapa? Sebagai kapten, dia seharusnya bertanya mengapa timnya tak juara di Eropa,” sindir Van Gaal.